23 Agu 2019

BASIC TRAINING FOR SUGAR REFINERY (BTFSR) LEVEL 2 PT. SENTRA USAHATAMA JAYA (SUJ), CILEGON

images

Pemahaman yang baik terkait proses dan peralatan produksi Pabrik Gula (PG) Rafinasi wajib dimiliki oleh setiap karyawan bagian Processing. Pemahaman yang baik tersebut akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses, serta kerjasama seluruh bagian produksi. Sehingga hal itu dapat mendorong percepatan efektivitas pencapaian sasaran produksi dan efisiensi biaya di perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka PT. Sentra Usahatama Jaya (PT. SUJ) bekerjasama dengan LPP Kampus Yogyakarta telah berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan Basic Training for Sugar Refinery (BTFSR) sebagai training dasar untuk menyamakan persepsi seluruh karyawan bagian Processing terhadap proses dan peralatan produksi PG Rafinasi. Training dasar ini terbagi menjadi 2 level, yaitu BTFSR Level 1 dan Level 2. Kegiatan ini dilaksanakan secara terintegrasi dengan melibatkan seluruh SDM (Operator, Group Leader dan Supervisor) di bagian Processing PT. SUJ.

Rifai, sebagai Pimpinan Kursus menyampaikan, bahwa sejak bulan Maret 2018, telah dilaksanakan BTFSR Level 1 sebanyak 17 batch, dan akan dilanjutkan 3 batch terakhir di bulan Januari – Maret 2019 di LPP Kampus Yogyakarta. Setelah seluruh karyawan Processing mengikuti kegiatan BTFSR Level 1, maka untuk melengkapi pemahaman dan penyamaan persepsi, dilanjutkanlah dengan kegiatan BTFSR Level 2.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap teknologi dan peralatan produksi gula rafinasi yang baik guna optimalisasi proses maupun merumuskan berbagai solusi (troubleshooting) permasalahan yang dialami selama operasional pabrik. Secara spesifik, pemahaman yang dimaksud meliputi : special ability to analyze drawing in manual book, basic maintenance, principle of changes in manufacturing & proses/product/recipes, dan mass balance. Peserta juga akan diberikan materi etos kerja dan team work building untuk meningkatkan soft competency penunjang kinerja di pabrik.

Peserta kegiatan adalah 21 orang group leader dan supervisor di bagian Processing PT. SUJ. Pendidikan peserta paling rendah adalah SMA/K. Kegiatan diselenggarakan di PT. SUJ selama 5 hari efektif, pada tanggal 19 - 23 Agustus 2019

Selama kegiatan, peserta akan diberikan materi sebagai berikut :
1. Spatial Ability to Analyze Drawing in Manual Book
2. Basic Maintenance (Automous Maintenance)
3. Principle of Changes in Manufacturing & Process, Product & Recipes
4. Mass Balance
5. Etos Kerja dan Team Work Building