30 Mar 2020

CPO Oh CPO… Ayolah!

images

Hingga minggu keempat Maret 2020, harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di pasar global masih terus berfluktuasi. Data CIF Rotterdam mencatat harga rata-rata CPO selama periode II Maret tersebut sebesar US$628,13 per MT. Harga CPO tertinggi pada Maret 2020 hanya US$680 per MT, sedangkan harga terendah berada di level US$587,5 per MT.

Diketahui bahwa harga ideal CPO di pasar global yang menguntungkan pelaku usaha perkebunan kelapa sawit sebesar US$700 per MT. Jika harga CPO tersebut terus berada di bawah harga ideal, petani, dan pelaku usaha lainnya akan semakin gigit jari.

Faktor-faktor seperti lockdown yang dilakukan oleh India selaku importir minyak sawit terbesar dunia, respons atas infeksi Covid-19 yang semakin ganas, serta harga minyak mentah dunia yang ikut berfluktuasi menjadi pemicu terkoreksinya harga CPO saat ini.

Perdana Menteri India, Narendra Modi telah memperingatkan lebih dari 1,3 miliar warga negara India untuk tetap tinggal di rumah hingga tiga minggu ke depan. Tidak hanya itu, penutupan pelabuhan utama di berbagai penjuru dunia mengakibatkan operasi pengiriman minyak sawit menjadi terganggu. Ditambah lagi adanya kekhawatiran penurunan permintaan sehingga akan menambah tekanan harga jual CPO.

Pelemahan harga CPO juga seiring dengan infeksi Covid-19 yang semakin ganas di lebih 80% negara dunia. Tidak hanya menyerang manusia, tetapi Covid-19 tersebut juga ikut melemahkan perekonomian global.

Direktur Eksekutif Gapki, Mukti Sadjono mengatakan, "Banyak pakar dunia memperkirakan puncak pandemik Corona akan terjadi pada sekitar Mei–Juni. Situasi ini dikhawatirkan akan menekan harga minyak nabati termasuk minyak sawit."

Di sisi lain, harga minyak mentah global yang juga berfluktuasi menjadi sentimen yang memengaruhi harga CPO. Meskipun tidak bersaing dalam pasar yang sama, namun CPO merupakan substitusi bahan bakar fosil menjadi biodiesel. Oleh karena itu, negatif atau positifnya pergerakan harga minyak mentah juga akan mempengaruhi harga CPO.

Sumber: http://wartaegov.com/berita278363/cpo-oh-cpo-ayolah.html