30 Mar 2020

Ekspor Teh Mitra Kerinci Terhenti, Ternyata Ini Kendalanya

images

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ekspor teh ke luar negeri terhenti semenjak akhir 2019. Hal ini dikarenakan perusahaan perkebunan teh Mitra Kerinci belum mampu menekan ambang batas zat antrakuinon sebesar 0,02 persen. Sehingga, perusahaan perkebunan teh Liki di Solok Selatan (Solsel) itu memperkuat pangsa pasar domestik.

Perkebunan teh yang memiliki luas sekitar 2.025 Hektare (Ha) itu berada di kaki Gunung Kerinci di Kecamatan Sangir Solsel. "Mitra Kerinci mampu memproduksi pucuk teh jadi atau pucuk teh yang sudah diolah sekitar 4.000 ton per-tahun," kata General Manager Commercial and Development PT Mitra Kerinci, Boy Riznal pada Harianhaluan.com, Jumat (27/3/2020).

Menurutnya, terjadi kenaikan produksi pucuk teh sekitar 1-2 persen semenjak Februari 2019 hingga Februari 2020. "Namun, belum mampu mengalahkan produksi teh terbaik perusahaan di 2016," ujarnya.

Boy menyebutkan, persoalan terhentinya ekspor teh ke Eropa dan negara Asia lainnya disebabkan adanya ambang batas zat antrakuinon sebesar 0,02 persen yang diberlakukan oleh pembeli di Mancanegara. "Antrakuinon adalah sejenis kontaminan, kita belum mampu mengatasi maksimum residu limit (MRL) sebesar 0,02 persen. Teh kita selalu diatas MRL tersebut sehingga tidak mampu memenuhinya," sebutnya.

Zat antrakuinon, imbuhnya, dipengaruhi atau berasal dari sistim suhu pembakaran dan bahan bakar. "Mungkin sistim pembakaran perlu diperbarui. Kalau bisa pembakaran tidak melalui bahan bakar cangkang tandan sawit atau bahan bakar kayu. Akan tetapi, jika menggunakan gas berdampak terhadap harga pokok produksi yang tinggi atau mahal," ucapnya.

Ia mengatakan, Mitra Kerinci sudah mulai ekspor teh ke Eropa dan Taiwan semenjak 2017-2019 jenis teh hitam. "Terkahir, ekspor teh ke Taiwan sebanyak 14 ton. Terhenti karena persoalan antrakuinon dan wabah Covid-19. Untuk itu, kami memperkuat penjualan domestik. Dan kami sedang mencoba mencari pasar lain selain Taiwan," tutupnya. (h/jef)

Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/90730/ekspor-teh-mitra-kerinci-terhenti-ternyata-ini-kendal