30 Mar 2020

Industri Sawit Ikut Perangi Corona

images

Hingga minggu ketiga Maret 2020, infeksi Covid-19 di Indonesia tercatat terus meningkat dengan DKI Jakarta masih mencetak angka tertinggi. Tak hanya pemerintah, pelaku usaha perkebunan kelapa sawit juga turut mendukung upaya pemerintah tersebut untuk mencegah, mengantisipasi, dan mengatasi penyebaran virus Corona di Indonesia.

Berikut lembaga dan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

1.Gapki Peduli

Gabungan Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit (Gapki) berpartisipasi dengan membantu menyediakan perlengkapan alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga medis. Perlengkapan APD tersebut telah diserahkan kepada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan pasien corona, yakni RSAL Mintohardjo, RSUP Fatmawati, dan RSUP Persahabatan.

Terdapat ratusan pieces perlengkapan APD medis yang diserahkan Gapki kepada rumah sakit tersebut berupa hazmat suit, boots, face shield, dan googles.

Direktur Eksekutif Gapki, Mukti Sardjono mengatakan, "Partisipasi kami ini sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan dari teman-teman pelaku usaha sawit terhadap merebaknya virus Corona. Akan ada partisipasi kami tahap berikutnya sampai Corona benar-benar hilang dari Indonesia."

2. Aprobi

Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) merupakan salah satu anggota dari Dewan Minyak Sawit Indonesia (Indonesia Palm Oil Board/IPOB). Dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona, Aprobi telah mendistribusikan sebanyak 13.500 multivitamin kepada empat panti asuhan yang berlokasi di Jakarta, yakni Panti Asuhan Muslimin, Panti Asuhan Muhammadiyah, Panti Asuhan Vincentius Putra, dan Panti Asuhan Vincentius Putri.

Ketua Umum Aprobi, MP Tumanggor mengatakan paket multivitamin sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh masyarakat, khususnya anak-anak dari serangan virus.

3. Pengusaha Peduli NKRI

Sejumlah pengusaha di berbagai sektor industri yang bergabung dalam inisiatif 'Pengusaha Peduli NKRI' di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menggalang donasi untuk penanggulangan Covid-19.

Perusahaan seperti First Resources Ltd, Wilmar International, Triputra Group, Sinar Mas yang juga bergerak dalam industri perkebunan kelapa sawit bersama dengan lebih dari 15 perusahaan besar lainnya di Indonesia telah berkomitmen untuk berdonasi.

Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani mengatakan target donasi sebesar Rp500 miliar dan yang sudah terkumpul mencapai Rp300 miliar. Selain itu, Rosan juga menambahkan, "Kami sudah berikan 5.000 test kit kepada wisma atlet. Kami ingin berpartisipasi juga memberikan melalui BUMN termasuk Pertamina 5.000 rapid test kit, APD 2.000 buah, ke Garuda 10.000 masker."

Sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/read278140/industri-sawit-ikut-perangi-corona