23 Agu 2019

SDM Unggul Sebagai Kunci Peningkatan Kinerja PTPN II

images

PTPN II sebagai salah satu anak perusahaan BUMN Perkebunan, dengan wilayah kerja di Sumatera Utara, mengalami pasang surut kinerja. Pernah mengalami kejayaan kemudian turun terus sampai titik nadir, dimana perusahaan mengalami kerugian dan tidak mampu membayar kewajiban baik internal maupun dengan eksternal (vendor).

Pada tahun 2017, mulai dibuat strategi baru untuk meningkatkan perusahaan, sebagaimana disampaikan oleh, Direktur Komersil PTPN II, Iswan ketika bertemu Direksi PT LPP Agro Nusantara. Upaya perbaikan dilakukan dari berbagai bidang yaitu produksi, keuangan, maupun SDM. Lebih lanjut Iswan menyampaikan bahwa yang terpenting saat itu adalah memperbaikan kondisi Sumberdaya Manusia yang ada. PTPN menambah darah segar perusahaan dengan melakukan rekrut, salah satunya dari STIPAP Medan. Selain itu dilakukan berbagai perbaikan sistem SDM dan peningkatan kompetensi karyawan. Dalam peningkatan kinerja PTPN II banyak bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Perkebunan, yang saat ini telah berubah nama menjadi LPP Agro Nusantara.

Hasil tidak akan jauh dari usaha, secara berlahan ptpn II mulai bangkit kembali untuk meraih kejayaan. Kinerja perusahaan kembali positif, tanah yang dulunya diserobot masyarakat kembali ke ibu pertiwi (PTPN II), kewajiban sudah mulai dibayarkan, karyawan mulai tenang bekerja, produksi semakin lama semakin baik.