27 Mar 2020

Sri Mulyani masih racik postur APBN 2020 perubahan

images

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah menyiapkan proses perubahan APBN 2020 di tengah kebutuhan anggaran yang besar untuk menanggulangi Covid-19 di Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, jajarannya tengah menyiapkan postur APBN perubahan dengan kemungkinan terjadinya pelebaran defisit anggaran melebihi batas yang ditetapkan Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara yaitu sebesar 3% terhadap PDB.

Namun, bendahara negara itu belum menjelaskan seperti apa gambaran perubahan postur APBN 2020 tersebut.

“Kami masih lakukan inventarisasi untuk tiga prioritas tadi, yaitu melihat kebutuhan kesehatan untuk pusat maupun daerah, begitu juga dengan kondisi pendapatan daerah yang turun, juga kebutuhan insentif-insentif pajak untuk perusahaan yang seadng sulit situasinya,” terang Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/3).

Sri Mulyani mengatakan, Kemenkeu juga perlu melihat kebutuhan stimulus ekonomi secara menyeluruh dalam rangka menyusun postur baru APBN 2020

Termasuk kemungkinan pemerintah memberikan stimulus seperti jaminan bagi kembaga keuangan agar dapat tetap menyalurkan kredit, serta bentuk relaksasi lainnya.

“Ini butuh landasan hukum yang berbeda, bentuknya dan berapa kebutuhannya pun belum teridentifikasi,” kata dia.

Ia juga masih belum memberikan gambaran berapa proyeksi pelebaran defisit APBN 2020 jika menembus batas 3% terhadap PDB.

Sri Mulyani menyiratkan, pemerintah kemungkinan besar akan menempuh langkah penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk merevisi beberapa ketentuan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Yang jelas, Sri Mulyani menegaskan bahwa pemerintah saat ini melakukan berbagai langkah dengan berbagai instrumen untuk memastikan penanganan Covid-19 berjalan maksimal, perekonomian masyarakat terlindungi, dan dampak ke dunia usaha dan industri bisa seminimal mungkin di tengah krisis pandemik ini.

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/sri-mulyani-masih-racik-postur-apbn-2020-perubahan