30 Jan 2021

Gandeng Kejaksaan, PTPN XI Komitmen Menjadi Profesional

images

Surabaya, Expostnews.com – Tiga perusahaan perkebunan milik negara, satu di antaranya PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menyatakan komitmen menjadi perusahaan profesional. Hal ini ditempuh PTPN XI, usai menggandeng Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama bidang hukum.

“Untuk menjadi lebih profesional dalam menjalankan korporasi kami bekerja sama dengan Kejaksaan, dalam hal ini Kejaksaan Tinggi Jawa Timur,” tandas Direktur PTPN XI, R. Tulus Panduwidjaja di sela penandatanganan perjanjian di Kejati Jatim, Selasa (19/1/2021).

Ia mengatakan, bidang hukum yang dikerjasamakan tersebut meliputi dua hal, masing-masing Hukum Perdata dan Hukum Tata Usaha Negara. Diharapkan, dengan terjalinnya kerja sama tersebut akan menjadi peluang besar PTPN XI menekan celah pelanggaran hukum pada proses kegiatan operasionalnya.

“Dengan kewenangan yang dimiliki kejaksaan dapat memberikan pendapat hukum, pendampingan hukum, dan tindakan hukum lainnya,” kata Tulus.

Harapannya, PTPN XI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkebunan ini dapat meningkatkan kepatuhan dalam kegiatan operasional yang sejalan dengan tata kelola lebih baik. Sekaligus, lanjut Tulus, untuk menyelesaikan masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara di dalam maupun di luar Pengadilan yang melibatkan PTPN XI.

“Manajemen PTPN XI berkomitmen dengan menjalankan tata kelola yang baik untuk mewujudkan bisnis korporasi yang sustain, salah satunya kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku sehingga menimbulkan rasa aman dalam menjalankan perusahaan,” paparnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim, Dr. Mohamad Dofir, SH.,MH menyampaikan, terima kasihnya kepada 3 korporasi perkebunan yang menjalin kerja sama telah memberikan kepercayaan kepada Kejati Jatim. Ia mengaku, akan menjalankan kepercayaan ini dengan profesional dan saling berkoordinasi.

“Ini demi kebaikan bersama. Kita punya tupoksi masing-masing, sehingga bisa saling bersinergi,” katanya.

Sementara, kerja sama bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara yang dijalin PTPN XI bersama PTPN X dan PTPN XII dengan Kejati Jatim tersebut berlaku selama 2 tahun. Dalam kegiatan bidang hukum terkait Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan Tindakan Hukum lainnya itu dihadiri Board Of Management PTPN X, XI maupun XII serta Kajati Jatim beserta jajarannya tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

Sumber: https://expostnews.com/gandeng-kejaksaan-ptpn-xi-komitmen-menjadi-profesional/