12 Okt 2020

PRODUKSI EDAMAME PTPN X Incar 9.022 Ton

images

Bisnis, SURABAYA — PT Mitratani Dua Tujuh, anak usaha PT Perkebunan Nusantara X, menargetkan bisa memproduksi edamame pada tahun ini sebanyak 9.022 ton untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

Edamame adalah kacang kedelai yang masih berada di dalam polongnya dan sangat diminati pasar Jepang.

Direktur PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X Aris Toharisman mengatakan selama ini sebanyak 80% produksi Mitratani baik edamame, okra, buncis, kinusaya, dan sweet potatoes dalam bentuk frozen vegetables telah dikonsumsi oleh pasar ekspor. “Produk frozen vegetables ini sudah kita ekspor ke Jepang, Asia Tengah, Timur Tengah, Australia, dan Belanda. Sisanya dikonsumsi pasar domestik,” jelasnya, Jumat (2/10).

Untuk menunjang produksi dan distribusi, kata dia, perseroan tengah membangun cold storage. Pada tahun ini, produksi okra ditarget mencapai 4.149 ton.

Selain itu, lanjutnya, perseroan juga aktif mengembangkan pasar dengan mempertahankan dan membuka pasar baru di lokal dan ekspor. “Kami juga berupaya meningkatkan kualitas produk edamame serta menambah portofolio produk berbasis edamame.”

Adapun, total produksi tanaman edamame, okra, buncis, kinusaya, dan aneka sayur terus mengalami pertumbuhan setiap tahun.

Pada 2017, total produksi Mitratani mencapai 10.472 ton, pada 2018 mencapai 10.976 ton, dan pada 2019 menjadi 11.604 ton.

Direktur Mitratani Dua Tujuh Untung Mulyono menambahkan perseroan memanfaatkan kemitraan dengan Koperasi Serba Usaha (KSU) Keluarga Mitratani dalam memberdayakan petani untuk skala bisnis dalam memproduksi edamame dan okra.

“Model bisnis di Mitratani telah memberdayakan petani, sehingga petani dapat fokus dalam kegiatan budidaya karena pemasaran produk sudah terjamin,” ujarnya.

Mitratani juga mengembangkan produk hilir, salah satunya memproduksi minuman Jusme yakni minuman berbahan dasar edamame yang telah mencapai 225.624 botol.

Sumber: https://koran.bisnis.com/read/20201003/436/1300028/produksi-edamame-ptpn-x-incar-9022-ton