
Yogyakarta, 4 Juli 2025 – Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Direksi Nomor DSU/SKPTS/125/2024 tentang Penetapan Change Agent Perkebunan Nusantara Group, Culture Forum diselenggarakan sebagai wadah untuk memperkuat jaringan komunikasi dan koordinasi dalam menyampaikan budaya baruserta pesan manajemen ke seluruh unit kerja secara efektif.
Forum ini juga menjadi sarana penguatan kapabilitas Change Agent, baik dalam aspek soft maupun hard competency, agar mereka mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara optimal di masing-masing Divisi atau Unit Kerja.Selain itu, Culture Forum mencerminkan dukungan penuh dari seluruh Manajemen dan CultureTransformation Team PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dalam memfasilitasi danmemberdayakan para Change Agent sebagai penggerak dan katalisator (cultureenablers) demi kemajuan budaya kerja di lingkungan Perkebunan Nusantara Group.
Program Culture Forum “Stronger, Together, To Be Winner” Batch I ini dilaksanakan secara online pada tanggal 24 s.d 26 Juni 2025 & dilaksanakan secara offline pada tanggal 3 s.d 4 Juli 2025 di Auditorium PT LPP Agro Nusantara Yogyakarta. Pada hari pertama pembelajaran secara offline pada tanggal 3 Juli 2025 di Auditorium LPP disampaikan Dian Wiryatmo Esti Shri Salindri selaku pimpinan program bahwasanya dengan adanya program Culture Forum “Stronger, Together, To Be Winner” Batch I ini agar hanya tidak materi saja tetapi peserta mampu merasakan langsung dan menjalankan secara langsung apakah yang dimaksud dengan adanya progam culture tersebut.
Dalam pembelajaran Program Culture Forum “Stronger, Together, To Be Winner” ini menggunakan modul pembelajaran antara lain yakni Communicating Culture, Impactful Culture Presentation, Becoming Credible Change Agent, Organization And Culture Diagnostic & Creative Thinking For Change Agent.



Pada hari pertama, penyampaikan materi disampaikan oleh Narasumber Ade S. Martadipura (Communicating Culture) sebagai Public Speaker, Motivator, Trainer & Facilitator (certified BNSP), Associate Trainer (Bank Mandiri, LPPI, Sky Elite, Andara Sarana, Service Quality Indonesia, Mpro, Freedom of Life, Anhang Indonesia) yang memfokuskan pada materi Effektif Communicaton for Change Agent dan dilanjutkan sesi ke-2 oleh Rory Asyari (Becoming Credible ChangeAgent) Professional Career , TV presenter , MC , Moderator , Public speaker, and digital creator Public Speaker, Trainer, and Facilitator & Speaking coach with Sepikul Indonesia yang membawakan materi yang berfokus pada Personal Branding & Relationship Building untuk Change Agent.
Dilanjutkan di hari kedua yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2025 , sesi ke-1 penyampaian materi disampaikan oleh Narasumbur Dwi Indra Purnomo (Organization & Culture Diagnostic) Narasumber Professional Career, Founder Design Thinking Academy, Lecturer and Researcher in Universitas Padjadjaran, Recognised experience in agro-industrial technology and science-based entrepreneurship development using Design Thinking for Social Innovation yang memfokuskan pada materi Organization and Culture Diagnostic dan dilanjut sesi ke – 2 yang disampaikan oleh Prasetyo Raharjo (Creative Thinking for ChangeAgent) Professional Career, SM Digital Platform & Digital Services, TelkomCorpu, Tribe Leader Innovation Management Digital Amoeba (digitalamoeba.id) , Startup Acceleration Manager Indigo Program(indigo.id), Manager Innovation & Development Divisi Digital Services-Telkom yang menitikberatkan pada materi Creative Thinking for Change Agent.
Setelah mengikuti Program Culture Forum “Stronger, Together, To Be Winner” Batch I diharapkan peserta dapat :
- Menggunakan pendekatan yang tepat untuk menganalisa dan memecahkan masalah dalam implementasi perubahan budaya.
- Mengenali dampak perubahan budaya terhadap stakeholder eksternal & internal..
- Meningkatkan kemampuan kepemimpinan dalam membangun tim yang solid, kolaboratif, dan berdaya saing, selaras dengan semangat transformasi budaya Perusahaan.
- Menguatkan strategi komunikasi untukmeningkatkan kepercayaan diri di depanpublik,menciptakan sinergi dan keselarasan arah dalam mencapai tujuan Perusahaandi Divisi/Unitkerja atau lintas Divisi/Unit kerja.
- Menanamkan dan menginternalisasi nilai-nilai budayaPerusahaan ONE PTPN yang berlandaskan Core Values AKHLAK sebagai landasan dalam setiap perilaku danpengambilankeputusan di lingkungan kerja.
- Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya denganoptimalsebagai Change Agent di Nusantara Perkebunan Group